3 Pembahasan Fiqih Secara Umum di Kalangan Masyarakat

3 Pembahasan Fiqih Secara Umum di Kalangan Masyarakat

Islam mengatur hampir semua kegiatan sehari-hari. Hal ini bukan untuk memberikan peraturan semata namun juga berbagai manfaat lainnya untuk kehidupan. Tentu saja dibahas lebih mendalam pada fiqih baik mengenai sholat maupun ibadah lainnya seperti puasa.

Pembahasan dalam Fiqih secara Umum

3 Pembahasan Fiqih Secara Umum di Kalangan Masyarakat

Dalam Fiqih mengatur tentang berbagai amalan amaliyah yang mukallaf. Bermaksud agar umat muslim tidak sembarangan dalam melakukannya melainkan berdasarkan aturan yang ada. Berikut informasi mengenai pembahasan di salah satu ilmu dalam Islam tersebut:

Fiqih Ibadah

Sesuai namanya, fiqih ibadah membahas mengenai berbagai hal berhubungan dengan hal tersebut. Beberapa di antaranya ialah tentang thaharah atau bersuci, tata cara bersembahyang, puasa, qurban, zakat, haji, aqiqah, dan masih banyak lagi.

Di dalamnya akan mempelajari dari pengertian hingga tata cara dari pelaksanaannya. Meskipun dikarenakan ada empat madzhab berbeda maka akan ada perbedaan, namun semuanya hanya bersumber pada Al-Quran dan sunnah Rasul saja.

Fiqih Muamalah

Fiqih muamalah akan membahas mengenai perbuatan manusia dengan sesamanya. Hal ini sesuai dengan pengertiannya yakni hubungan. Beberapa contoh di antaranya ialah praktik jual beli, sewa menyewa, pemberian jaminan, dan lain sebagainya.

Fiqih muamalah ini juga dibedakan menjadi dua fokus yakni berfokus pada kebutuhan umat atau sering disebut baitul mal serta hubungan antar manusia dalam kegiatan biasa. Keduanya memiliki urgensi masing-masing sehingga sebaiknya juga dipelajari oleh umat muslim.

Fiqih Uqubat

Fiqih Uqubat sering kali disebut dengan peraturan-peraturan yang berhubungan dengan tindakan kejahatan, pemberian denda, qishash, dan lain sebagainya. Namun, dalam prakteknya sering kali masih kalah dengan pemberlakuan hukum negara.

Hal ini dikarenakan dalam negara terutama Indonesia tidak menganut hukum Islam secara mutlak. Namun, tentu saja bagi umat muslim juga harus mempelajarinya sebagai ilmu tambahan bahwa melakukan berbagai tindakan pelanggaran tentu ada balasannya.

Secara garis besar, ketiga hal tersebut menjadi intisari dari ilmu fiqih. Namun, tentu saja masih banyak hal lain yang ada di dalamnya. Umat muslim tentu harus mempelajarinya sebab berkenaan dengan tata cara dalam melaksanakan ibadahnya. Jika Anda ingin mempelajari lebih banyak mengenai ilmu tersebut bisa mengunjungi website fiqih.co.id.