6 Makanan Khas Ngawi Paling Populer

6 Makanan Khas Ngawi Paling Populer

Makanan khas Ngawi yang berada di Jawa Timur memiliki citarasa yang mampu menggugah selera. Beberapa makanan khas dari daerah ini dapat menjadi referensi kuliner yang tepat. Terutama jika sedang singgah ke daerah Ngawi. Berikut ini beberapa jenis makanan khas Ngawi yang cukup terkenal.

6 Makanan Khas Ngawi Paling Populer

1. Lothek Pecel

Lothek mungkin terdengar cukup asing bagi sebagian orang. Namun istilah lothek ini sebenarnya memiliki nama lain yaitu sambal tumpang. Makanan khas Ngawi yang memiliki citarasa khas ini resep makanan nya terbuat dari tempe semangit yang telah dibiarkan hingga menjadi busuk terlebih dahulu. Lalu tempe tersebut dicampur dengan berbagai bumbu dapur yang akan membuatnya semakin nikmat saat dimakan. Sedangkan pecelnya sana dengan pecel yang berasal dari daerah lain. Hanya adanya lothek saja yang membuat pecel ini menjadi berbeda.

2. Tepo Tahu

Keunikan makanan ini terletak pada tepo dan tahu telur yang dijadikan sebagai bahan dasar dari makanan ini. Tepo sendiri sekilas tampak sama dengan lontong. Namun tepo lebih lembut jika dibandingkan dengan lontong. Sedangkan tahu telur pada makanan ini dibuat dari tahu yang dicampur dengan telur dan kemudian digoreng. Makanan khas Ngawi ini biasanya disajikan dengan menggunakan kuah yang dicampur kecap dan air asam Jawa serta beberapa bumbu halus yang lainnya.

3. Ledre

Ledre juga menjadi salah satu makanan khas Ngawi yang banyak dikenal. Anda bisa menjadikannya sebagai makanan ringan atau camilan. Bahkan Anda juga bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh dari Ngawi. Sebenarnya jajanan atau makanan ringan ini sudah ada sejak lama. Namun sekarang ini Anda bisa menemukan jajanan ini dengan lebih mudah. Selain itu sekarang ini Ledre dibuat dengan berbagai macam varian sehingga Anda bisa memilihnya sesuai dengan selera.

4. Wedang Cemue

Tampaknya tidak hanya makanan saja yang menjadi kuliner khas Ngawi. Tetapi ada pula minuman khas dari Ngawi seperti misalnya minuman Wedang Cemue. Wedang ini jika dilihat secara sekilas tampak sama dengan wedang ronde. Fungsinya juga hampir sama yaitu untuk menghangatkan tubuh. Oleh karena itu minuman ini sangat cocok untuk diminum jika musim hujan tiba. Minuman ini terbuat dari jahe dan susu yang tidak hanya nikmat tetapi juga bisa menjaga kesehatan Anda.

5. Tongseng Kambing Pedas

Makanan khas Ngawi bercitarasa pedas tentu menjadi favorit bagi kebanyakan orang terutama di tanah air. Begitu pula dengan Tongseng Kambing Pedas yang merupakan makanan khas dari daerah Ngawi. Tongseng ini dibuat dari daging kambing pilihan. Kemudian daging kambing ini dicampur dengan santan dan juga bahan yang lainnya. Tentunya makanan ini memberikan rasa yang sangat lezat sehingga membuat Anda selalu ingin terus memakannya. Anda bisa menemukan makanan ini di beberapa warung tempat menjual sate dan gule. Jika Anda sedang berkunjung ke Ngawi maka jangan sampai melewatkan makanan yang satu ini.

6. Sate Khas Ngawi

Sate mungkin menjadi makanan yang banyak dijumpai di berbagai daerah. Namun tiap daerah umumnya menghasilkan sate yang berbeda antara daerah satu dnegan lainnya. Demikian pula dengan sate yang berasal dari Ngawi. Sate Ngawi ini memiliki salah satu ciri yaitu adanya sedikit kecap. Jadi sate ini tidak terlihat berwarna hitam sebab hanya sedikit kecap yang digunakan. Selain itu sate ini memiliki citarasa yang tidak terlalu manis karena kecap yang digunakan cenderung sedikit.

Makanan khas Ngawi seperti di atas tentunya sangat lezat. Selain itu juga mudah ditemukan di sepanjang jalan maupun sudut kota Ngawi. Sehingga dijamin tidak sulit mencobanya jika sedang melintas daerah tersebut.