Jenis-jenis Sawi yang Cocok Dibudidayakan

Jenis-jenis Sawi yang Cocok Dibudidayakan

Salah satu pekerjaan yang paling menjanjikan dan selalu dibutuhkan oleh adalah berkebun atau menjadi petani. Sebab, menyediakan kebutuhan pokok dengan jenis makanan untuk manusia dari masa ke masa. Namun untuk cara yang lebih modern, Anda bisa mendapatkannya di media berkebun online.

Jenis Sawi dan Pemeliharaannya

Jenis-jenis Sawi yang Cocok Dibudidayakan

Banyak tanaman dan sayuran yang bisa dijadikan bahan untuk berkebun, salah satunya adalah sawi. Masyarakat Indonesia gemar mengkonsumsinya, baik untuk lauk, cemilan, maupun hanya sebagai pendamping makanan saja. Berikut ini adalah jenis-jenis sawi yang lazim ada di pasaran:

Sawi Putih

Pertama adalah sawi putih, selain masyarakat Indonesia, Korea juga menjadikannya bahan utama untuk pembuatan kimchi, salah satu produk makanan pendamping terbaik. Sawi putih kaya akan gizi cara pengolahannya pun sederhana. Bisa dengan ditumis, ataupun direbus.

Sawi putih yang berkerabat baik dengan kubis memiliki kandungan gizi yang tinggi, serta zinc dengan persentase sampai 25%. Selain itu media tanam untuk berkebun juga tidak begitu sulit, market pasarnya di Indonesia semakin maju dan permintaan konsumen semakin meningkat.

Sawi Hijau

Ada juga sawi hijau yang biasanya digunakan untuk makanan pendamping dari mie instan atau rebusan masakan lainnya. Rasa dan tekstur sawi hijau memang lebih enak jika melalui cara pemasakan direbus. Bahkan, kandungan gizi yang ada di dalamnya juga banyak.

Ada vitamin A, kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang. Di berbagai daerah sawi hijau dikenal juga dengan sebutan sawi asin, karena untuk menghilangkan rasa pahitnya biasanya akan diasinkan terlebih dahulu. Pembudidayaannya bisa saja di pot, polybag sebagai media berkebun.

Pokcoy

Hayo siapa disini yang tidak bisa membedakan sawi hijau dengan pakcoy. Banyak orang yang beranggapan keduanya sama, padahal jelas berbeda. Secara bentuk memang terlihat sama, namun di bagian bawah atau bonggol pokcoy lebih gemuk dan memiliki batang yang pendek.

Media berkebun yang digunakan saat ini rata-rata sudah memakai pot atau polybag, karena pemanfaatan lahan sempit. Tak sulit untuk membudidayakan sayuran jenis ini, selain kandungan gizi yang banyak rasanya pun lezat untuk disajikan bersama hidangan lainnya.

Itulah beberapa jenis sawi yang biasanya ditemukan, sebenarnya masih banyak lagi jenisnya di media berkebun online.